topbella

Rabu, 22 Juni 2011

CCIP: Visa Interview

Setelah perjuangan yang cukup menguras tenaga dalam pengisian DS 160 secara online, aku dan beberapa teman yang dijadwalkan berangkat ke US bulan Juni akhirnya mendapatkan jadwal untuk Visa interview pada tanggal 3 Juni 2011. Dan karena aku berdomisili di Ampana, Sulawesi Tengah (Indonesia bagian timur), aku dijadwalkan untuk visa interview di US Embassy Surabaya.


Pagi hari tepatnya jam 6 AM, semua anak-anak fulbright yang dijadwalkan untuk visa interview telah berkumpul di depan US Embassy dengan pakaian yang sangat rapi (Kemeja). Aku sempat gak merasa gak PD karena dari 10 orang teman-teman yang akan interview, hanya akulah yang tidak memakai kemeja :D haha. But it was okay sama pihak embassynya. Dan setelah menunggu sampai pintu gerbangnya dibuka (pintunya dibuka jam 8 AM, meaning we were waiting for 2 hours) kami melakukan antrian untuk masuk ke gedung US Embassy yang tidak seberapa besar dibandingkan dengan US Embassy di Jakarta. Para petugasnya sangat ramah. Setelah melakukan pemeriksaan identitas dan barang-barang bawaan kami, akhirnya kami disuruh masuk menuju ruang interview. I was surprised when I saw there were just 2 officers yang bekerja pada saat itu dan ruangan interviewnya sangat kecil, bahkan ada beberapa visitor yang harus duduk diluar ruangan interview sambil menunggu antrian.

Setelah memasuki ruangan interview, kami diminta untuk memasukan berkas berupa :

Passport


Confirmation page (pasphotonya harus sudah di tempelkan 10 cm dibawah bar code)


Invitation letter yang diberikan oleh AMINEF 


Kartu keluarga


KTP

Setelah menyerahkan semua dokumen tersebut, kami diminta menandatangani DS 2019 yang dititipkan AMINEF ke US Embassy. After signing our DS 2019, kami diminta duduk untuk menunggu nama kami dipanggil.

Barusaja beberapa menit duduk dikursi, satu persatu nama kami dipanggil untuk interview di loket 1 dan loket 2. Sebelum namaku di panggil, aku memperhatikan Officer yang bertugas di loket 1 dan 2 tersebut. Dan berdasarkan pengamatanku, Bapak yang bertugas di loket 1 kelihatan sangat ramah tapi pertanyaan yang diajukan olehnya sangat banyak. He took abou 15 mins to interview some of my friends. Tapi untuk ibu yang bertugas di loket 2, beliau kelihatan sangat tegas dan waktu yang dihabiskan untuk interview di loket 2 sangatlah cepat, guess how long?! She just took 2 mins to interview each of us. Aku sempat kaget, melihat Ellen dan Heidi hanya menghabiskan 2 menit di loket 2.



Setelah ke 4 temanku telah selesai interview, kini tiba giliranku. I was lucky I guess, karena aku diinterview di loket 2 oleh ibu tersebut ( I think her name was Pauline). These are the questions that she asked:



Have you got J1 Visa in your previous travel to the United States?
Yes I have

-          Where will you study?
Scottsdale Community College


What major?
Tourism and Hospitality.


After that she directly said “okay now your visa is approved, we will send it to AMINEF next week”
I was like “Relly?” then I went outside to meet Ellen and some of my friends.
Kayaknya diluar teman-teman juga mendiskusikan semua yang ada dipikiranku. Kita semua kelihatan amazed banget dengan timing interviewnya. Well, munkin karena kita anak-anak fulbright dan karena kuliahnya dibiayai oleh US Department of State makanya interviewnya cepat banget. Ada beberapa visitor yang mau interview, membutuhkan waktu sekitar 30 or 40 mins untuk interviewnya. Dan bahkan ada bapak-bapak dan ibu-ibu yang gak bisa interview hari itu karena mereka gak membawa Confirmation page dan Invitation letter mereka. So sad to see that happens.  But Alhamdulillah our interview was going smoothly. And from now on, we just need to wait for about 1 week as ibu Pauline said.

Advice:
Untuk teman-teman yang nantinya interview visa di Surabaya, you will be staying at Narita Hotel (khusus yang tinggal di Indonesia bagian timur). Untuk sampai ke hotel, dari bandara all you need is find an airport taxi. Pihak airport menyediakan taxi. you just need to pay Rp. 78.000 to go to Narita Hotel. It takes about 1 hour to reach the hotel.



Make sure kalau kamu membawa these documents:


Passport


KTP

-          Confirmation Page

-          Invitation Letter

-          Kartu Keluarga


Untuk interview di US Embassy Surabaya, kamu harus menggunakaan taxi dari Narita Hotel menuju US Embassy. Hanya membutuhkan 15-20 mins Untuk sampai ke US embassy (pagi hari selagi gak macet).

Pakailah pakaian yang rapi (hampir semua yang mau ikut interview memakai kemeja) untuk interview biar kamu gak bakalan merasa gak PD seperti saya LAL 
  










0 comments:

Posting Komentar

About Me

Foto Saya
Nurdahlia
Gorontalo, Gorontalo, Indonesia
I like travelling, reading novels and watching movies.
Lihat profil lengkapku